Selamat datang diBlog Edy Darwis OTOMOTIF Silahkan Bookmark Laman ini, Terima Kasih ! GBU

Sabtu, 10 Oktober 2009

gaya tikungan

3.2. GAYA – GAYA PADA TIKUNGAN
kita bisa melihat bahwa pada saat kendaraan berada pada tikungan maka gaya lintasan yang di hasil kan tidaklah sama
misal pada saat mobil berbelok ke arah kanan ban yang di sebelah kanan tidak akan sama bekerja dengan ban yang ada pada sebelah kiri
Pada saat kendaraan melintasi tikungan horisontal , padanya akan bekerja gayagaya
sebagaimana gambar 3.1 dan penjelasan berikut ini.

• GAYA SENTRIFUGAL
Kendaraan yang bergerak dengan kecepatan V pada bidang datar/miring pada
lintasan lengkung seperti lingkaran, maka padanya bekerja gaya dengan kecepatan V
dan gaya sentrifugal F.
Gaya sentrifugal mendorong kendaraan keluar dari lajur jalan secara radial.
Gaya sentrifugal menimbulkan rasa tidak nyaman pada si pengemudi. Dan hal itu
akan diimbangi oleh gaya berat kendaraan akibat superelevasi & gesekan samping.
Gaya gaya tersebut akan bekerja dalam kesetimbangan.
RUMUS : gaya sentrifugal yang terjadi ; F= m . A
• m = massa = G/g = berat kendaraan/gravitasi
• a = percepatan sentrifugal = v2/R

3 komentar:

  1. masih binggung karena tidak dijelaskan apa itu superelevasi dan gesekan samping

    BalasHapus
  2. Kok rumusnya sama dg gaya sentripetal?

    BalasHapus
  3. @ricky: karena sentrifugal merupakan gaya yg sama dengan gaya sentripetal. hanya saja berbeda arah/berlawanan dg sentripetal dan saling meniadakan.

    BalasHapus