Selamat datang diBlog Edy Darwis OTOMOTIF Silahkan Bookmark Laman ini, Terima Kasih ! GBU

Selasa, 15 Desember 2009

kopling toyota kijang

AKADEMI TEKNOLOGI INDUSRI IMANUEL - MEDAN TUGAS : MEMBONGKAR DAN MEMESANG KOPLING NAMA : edi darwis
NIM :200801026
JURUSAN : TEKNIK MESIN “A”

A. Tujuan
1. agar mahasiswa mampu membongkar kopling,merakit dan memasngnya kembali kopling b dengan baik
2. agar mahasiswa mampu menganalisa kerusakan pada system kopling tersebut
3.supaya mahasiswa mapu mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada kopling tersbut
4. supaya mahaiswa dapat mempunyail skil untuk bomgkat pasang kopling

B. Alat –alat yang digunakan
- Kunci ring “14”
- Kunci ring “12”
- Kunci “T” 12”
- Obeng negative
- Palu

C. Bahan yang digunakan
Satu
D. Keslamatan kerja
1. Gunakan lah pakaian praktek sewaktuk bekerja
2. Jangan bergurau di saat kerja
3. Gunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya
4. Telitilah di saat bekerja sehingga tidak salah
E. Langkah kerja
@. Langkah pembongkaran
1. Siapkan alat dan bahan yang di perlukan untuk pembongkaran
2. Longgarkan baut penahan transmisi dengan blok silinder
3. Lepaskan baut-bautnya
4. Angkat transmisi sambil digoyang-goyang dan tarik transmisi smapi keluar
5. Setelah keluar lihat lah kopling yang terdapat pada rumah kopling tersebut
6. Setelah itu longgarkan lah baut yang terdapat di seluruh rumah kopling tersebut
7. Setelah di longgarin maka bukalah baut-baut ter sebut
8. Dsetelah terlepas baut-bautnya lepaskan kah kopling dari sarangnya
9. Bersih kan kain kopling tersebut dengan menggunakan kain lap
10. Setelah itu periksalah kain kopling tersebut apakah masih layak pakai atau tidak

@. Langkah pemeriksaan dan perbaikan
1. Periksa ketebalan (kain klos) apabila kain klos sudah terlalu tipis atau melampaui bats yang sudah di tetapkan maka sebaiknya harus dig anti
2. Periksa rumah kopling apakah gigi-gigi matahari masih dapat berfungsi dengan baik atau tdak
3. Periksa bantalan pembebas kopling apakah masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak
@. Langkah pemasangan
Setelah komponen-komponen kopling di periksa dan di bersih kan maka langjah selanjutnya adalah memasang kopling pada dudkan nya semula
1. Persiapkan alat dan bahan
2. Letakkan kopling pada rumah kopling
3. Pada saat pemasangan kopling pembatas atau paret harus mengarah
4. Pasang rumah kopling beserta koplingnya pada flyweld
5. Pasng kembali baut-bautnya pada penahan rumah kopling secara berurutan
6. Stel kopling
7. Setelah di stel maka kencangkan baut-bautnya semua
8. Pasang kembali transmisipada blok silinder
9. Apabila saat pemasangan transmisipada blok silinder mengalami kesusahan maka sebaiknya transmisi harus di goyang-goyang agar transmisi dapat masuk
10. Pasang baut-baut penahan
11. Kencangkan baut-baut penahan
12. Lepaskan jack penahan block silinder
13. Bersihkan tempat-tempat bekerja
14. Bereskan kunci-kunci yang telah di gunakan
15. Laporkan hasil pekerjaan
F . sketsta gambar













Gambar komponen-komponen kopling




G . kesimpulan…..
Kesimpulan yang kita dapat dari pengertian kopling adalah suatu alat atau komponen dari sebuah kendaraan yang juga sangat berperan penting pada sebuah kendaraan . fungsi kopling adalah mengurangi hentakan keras yang terjadi pada saat masuk gigi oleh sbab itu perlu di lakukan perawatan pada kopling terlebih dari pada setiap komponen –komponen kopling agar kopling selalu dapat berfungsi dengan baik maka perhatikan cara pemakaiannya apabila koplingsudah aus atau menjadi tipis maka sebaiknya kopling di ganti dengan yang lebih baik agar lebih efesien dan baik,…..


Akademi teknologi industri Immanuel medan Tugas : membongkar dan memasang transmisi Nama : edi darwis
Npm : 200801026
Jurusan : teknik mesin “A”

A. Tujuan :
1. Agar mahasiswa dapat mengerti bongkar pasang transimisi
2. Agar mahasiswa dapat mengerti cara kerja transmisi
3. Agar mahasiswa dapat mengerti teknik pembongkaran
4. Agar mahasiswa mampu menganalisa kerusakan pada transmisi tersebut
5. Agar mahasiswqa mapu menggetahui nama-nama komponen pada transmisi
B. Alat-alat yang digunakan
1. Tang snap ring
2. Obeng (-)(+)
3. Palu plastic
4. Kuci ring & pas 10,12,14,17
C. Bahan yang digunakan
1 unit transmisi manual

D. Keslamatan kerja
1. Pakailah pakaian praktek di saat praktek/bekerja
2. Gunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsunya
3. Jangan bergurau di saat bekerja
4. Telitilah disaat membuka benda kerja
E. Langkah kerja
MELEPAS TRANSMISI DARI KENDARAAN
1. Lapaskan kabel batere dari terminal nagatif.
2. Lapas ampat sakrup dan karet pada tuas pemindah.
3. Angkat kandaraan dan kuras oli transmisi.
Perhatikan: Pastikan bahwa kendaraan ditopang dengan baik.
4. Lepas tuas pamindah.
a. Lepaskan kabel dan karet.
b. Lepas dua baut dan lapaskan tuas pamindah gigi.
5. Lepas poros propeler (lihat Bab 13).
6. Lepas pipa knalpot.
7. Lepas kabel spedometer dan kilometer switch lampu mundur.
8. Lepas kabel kopling.
9. Lepaskan baut panahan transmisi.
10. Turunkan transmisi.
Catatan: Sebelum menurunkan transmisi, taruh dongkrak di
bawah mesin, lindungi bak oli dengan balok kayu.
Membongkar unit Transmisi manual toyota kijang.


Lqngkah-langkah membongkar.
1. Lepaskan garpu pembebas dan hub dengan bantalan pembebas.
2. Lepas roda gigi gerak speedometer dan switch lampu mundur.
3. Lepas rakitan tutup bak transmisi.
4. Lepas rumah kopling dan penahan bantalan depan.
5. Lepas extension housing.


6. Lepas roda. gigi idler mundur, poros, dan pengunci. Dorong poros
keluar dari arah depan ke arah belakag.


Melepas roda gigi idler mundur dan pengunci

7. Gunakan feeler gauge, ukur celah dorong roda gigi idler.
Catalan: Buatlah catatan, untuk referensi kemudian.
Celah standar : 0,10 - 0,30 mm (0,0039 - 0,0118 in)
Celah maksimum : 0,30 mm (0,0012 in)


8. Lepas poros roda gigi counter dan pengunci.
a) Menggunakan palu plastrk dan SST, pukullah SST dari arah depan. SST 09311 - 35020.
b) Biarkan roda gigi counter jatuh di dalam bak transmisi.
.


Melepas roda gigi counter dan mengunci.

9) Lepas rakitan poros output. •






Melepas mkitan paras aunput.

10). Lepas poros output. Tepatkan bagian yang lurus dari poros input
dengan roda gigi counter dan lepas poros mput.


11 Lepas roda gigi counter.
a) Lepas roda gigi counter.
b) Lepas dua bantalan rol jarum dan spacer dari roda gigi counter.
c) Lepas dua cincin dorong dari bak transmisi.


12 Ukur celah dorong setiap roda gigi menggunakan feeler gauge
ukur celah dorong.
Celah standar : 0,10 - 0,25 mm (0,0039 - 0,0098 in).
Calah maksimum ; 0,25 (0,01 in)


Mengukurycclah damng setzap rode: gzgt WWW

13. Lepas roda gigi penggerak speedometer.
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.
b) Lepas roda gigi penggerak speedometer.
c) Menggunakan mas magnetik, Iepas bola pengunci.
d) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring. J, wu. ' •



14. Lepas penahan bantalan belakang poros output dengan bantalannya, roda gigi~1, dua bantalan rol jarum, luncuran dalam, dan bola pengunci.
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.


Melepas snap ring

b) Menggunakan hidrolik pres, lepas penahan bantalan dengan
bantalannya, bersama-sama roda gig-1, dan luncuran dalam.
c) Lepas dua bantalan rol jarum
d) Menggunakan tuas magnetik, lepas bola pengunci.


15. Lepas ring syrnchromesh, hub sleeve no.1, dan roda gigi -2,meuggunakan SST dan hidrolik pres,lepas hub sleeve no. 1, ring synchromesh, dan roda gigi-2. SST 09950 - 00020.



16. Lepas hub sleeve no. 2, ring synchromesh, dan roda gig -3.
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.



b) Lepas hub sleeve: no. 2 bersama-sama ring synchromesh dan roda gigi-3.












TUGAS
Laporan
Peminda tenaga
D
I
S
U
S
U
N
Oleh:
Nama : edi darwis pakpahan
Nim : 200801026
Smester/ group : lll (tiga)/ A
Dosen : simson Judea .st

Akademi teknologi industri Immanuel
Medan
Ta. 2009/2010




KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang maha kuasa karma atas rahmat dan anugrahnyalah saya dapat menyusun tugas laporan yang berjudul peminda tenaga

Saya juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen kami .bpk Judea tarigan.st juga teman –teman saya yang telah memberi motifasi kepada saya dalam menyelesaikan tugas ini dan dalam penyajian tugas ini saya menyadari masih banyak kekurang yang jauh dari kesempurnaan

Akhir kata saya mengharapkan semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi sipembaca pada umumnya dan si penulis khusus nya saya ucapkan banyak terim kasih





Penulis,

(edi darwis pakpahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar