Selamat datang diBlog Edy Darwis OTOMOTIF Silahkan Bookmark Laman ini, Terima Kasih ! GBU

Selasa, 15 Desember 2009

tugas laporan sepeda motor

LAPORAN PRAKTEK
SEPEDA MOTOR

D
I
S
U
S
U
N

OLEH:


NAMA : EDI DARWIS PAKPAHAN
NIM : 200801026
GROUP : A
DOSEN : AROLY LAOLY


AKADEMI TEKNOLOGI INDUSTRI IMMANUEL MEDAN
T.A. 2008/2009

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
LATAR BELAKANG
TUJUAN
ALAT DAN BAHAN
A. Alat
B. Bahan
KESELAMATAN KERJA
LANGKAH KERJA
A. Penurunan Mesin
B. Pembongkaran Mesin bagian dalam
C. Pembersihan Mesin
D. Pemasangan Mesin kembali
E. Komponen – Komponen mesin beserta Gambar
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran - Saran








LATAR BELAKANG

Pada dasarnya perkembangan otomotif di Indonesia belum begitu berkembang, namun karena adanya otomotif yang di import ke Indonesia, makanya semakin lama otomotif telah merajalela dikehidupan masyarakat Indonesia. Pada umumnya kita sering melihat sepeda motor, sat ini untuk sepeda motor hampir semua orang dapat memilikinya, baik dalam kalangan atas maupun juga dalam kalangan bawah.
Laporan ini melatarbelakangi tentang teknik servis sepeda motor. Dimana di kalangan pedesaan pun sepeda motor sudah banyak ditemui, karena selain harganya yang terjangkau. Sepeda motor ini juga dapat di kredit sehingga kalangan bawah pun bisa mendapatkan sepeda motor dengan cara menyicil dan dengan angsuran perbulannya yang tidak terlalu besar.















TUJUAN



Tujuan pembuatan laporan ini adalah agar para mahasiswa dapat mengetahui cara membongkar serta memasang mesin sepeda motor. Dan juga mahasiswa dapat mengetahui nama dari setiap komponen-komponen mesin sepeda motordan fungsi atau cara kerja dari tiap-tiap komponen dari mesin tersebut,. Serta mahasiswa tersebut dapat menganalisa kerusakan-kerusakan yang terdapat pada mesin itu sendiri.
Hal ini bertujuan agar dapat menciptakan mahasiswa yang trampil dan ahli dalam bidang sepeda motor. Mahasiswa yang mempunyai skill dan kemampuan yang baik pastinya akan lebih mudah untuk mencari sebuah pekerjaan, apabila dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mempunyai kemampuan. Dalam hal ini maka mahasiswa tersebut dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, dengan menggunakan kemampuan yang ia miliki sendiri.













Alat dan Bahan

A. Alat
- 1 set kunci pas
- 1 set kunci ring
- 1 set kunci sock
- Kunci “T8”, “T10”, “T12”, & “T14”
- Obeng Positif (+)
- Obeng Negatif (-)
- Obeng Ketok
- 1 set Tang
- Palu karet

B. Bahan
- 1 unit mesin sepeda motor SMASH 110


KESELAMATAN KERJA

Keselamatan kerja yang perlu diperhatikan dalam praktek Tehnik Servis Sepeda Motor, adalah :
- Memakai pakaian kerja (wear pak)
- Tidak bermain-main pada saat praktek
- Menggunakan alat sesuai dengan kegunaannya



LANGKAH KERJA


A. PENURUNAN MESIN
Pembongkaran Mesin Sepeda Motor Sebelum Turun Dari Rangka.
1. Letakkan sepeda motor pada porsi cagak tengah atau cagak dua.



2. Buka baut pembuangan oli.
3. Keluarkan box batre dan lepaskan dengan kabel-kabelnya.



4. buka leg shield yang ada di sebelah kiri dan kanan.
5. lepaskan foodtress (kap tengah).





6. lepaskan knalpot dengan cara melepas baut klemnya dan baut dudukannya.



7. lepaskan tutup gear depan (engine sprocket) gigi tarik.
8. lepaskan gear depan dengan melepas baut dan plat pengunci sprocket.
9. lepaskan engine sprocket.


10. lepaskan sambungan kabel, antara lain;
- sambungan kabel magnet.
- sambungan kabel indicator pemindah gigi.
- sambungan kabel ke massa.


11. lepaskan selang udara mesin.
12. lepaskan busi.

13. lepaskan selang bahan bakar.
14. lepaskan selang vacuum bahan bakar.
15. lepaskan baut pengikat mesin sepeda motor dan turunkan mesinnya.

B. PEMBONGKARAN MESIN BAGIAN DALAM

1. Lepaskan tuas kick stater (pedal engkol)


2. Lepaskan pemindah gigi dari mesin


3. Melepaskan tutup gigi sprocket cam


4. Lepaskan kapnya dan masukkan obeng kedalam celah pada cam chain tension adjuster lalu putar searah jarum jam
5. Lepaskan pengatur tegangan rantai cam chain
6. Lepaskan cam shaft



7. Kendorkan dan lepaskan semua mur dan baut kepala silinder









8. Lepaskan kepala silinder




9. Lepaskan pengarah rantai dan gasket
10. Lepaskan mur silinder dan keluarkan blok silinder


11. Letakkan sebuah kain lap yang bersih pada lubang dudukan silinder untuk mencegah cirklip masuk kedalam (kancingan) crank ceasekemudian lepaskan cirklip dari pinnya dengan menggunakan tang skrip atau tang lancip
12. Lepaskan tutup kopling


13. Lepaskan spring atau pegas dan washer (ring) pada as pemindah gigi



14. Longgarkan mur kopling dengan menggunakan alat khusus. (SST).
15. Lepaskan rangkaian kopling pertama, sirkuit kopling dan gear primary drive


16. Lepaskan bearing kopling atau bantalan kopling
17. Lepaskan mur bantalan kopling dengan dengan menggunakan alat khusus (SST)
18. Lepaskan baut dudukan pegas dengan menggunakan alat khusus (SST)
19. Lepaskan kopling penekan dan pegas kopling.
20. Lepaskan bubungan sleve kopling (susunan kain kanvas)
21. Lepaskan pompa oli.
22. Lepaskan saringan oli.


23. Lepaskan drive gear pompa oli dan washer.
24. Lepaskan baut penahan cam pemindah.
25. Lepaskan baut pin penahan cam pemindah.
26. Lepaskan plat penahan cam pemindah pengarah pin
27. Lepaskan outher bearing dan bearing kopling
28. Lepaskan motor stater dan cover magnet.



29. Lepaskan mur magnet dengan menggunakan alat-alat khusus (SST)
30. Lepaskan magnet dengan menggunakan SST



31. Kendorkan skrup dan lepaskan plat stater




32. Lepaskan gear penggerak stater


33. Lepaskan gear penghubung stater dengan melepas cirklip washer
34. Lepaskan skrup-skrup crank cease
35. Lepaskan crank cease kiri dan kanan dengan menggunakan SST



36. Lepaskan as kick stater dengan memutarnya



37. Lepaskan as garpu pemindah gigi dan cam pemindah gigi


38. Lepaskan rangkaian transmisi


39. Lepaskan crank shaft dengan palu plastik



40. Lepaskan oli seal dan bearing dengan menggunakan alat khusus SST
41. Lepaskan pengarah rantai dengan melepas baut
42. Lepaskan tutup silinder head bagian kanan dan tutup-tutup pemeriksa katup
43. Lepaskan rocker arm dengan menggunakan baut ukuran 8 mm
44. Lepaskan rocker arm


45. Lepaskan ware washer pada rocker arm
46. Katup pegas atau klep pegas dengan cara menekan pegasnya dengan menggunakan alat SST
47. Lepaskan kedua belahan penahan katup dari ujung tangkai katup dengan menggunakan alat khusus SST
48. Lepaskan penahan pegas yaitu pegas bagian dalam dan bagian luar
49. Tarik katup atau klep keluar dari sisi lainnya
50. Lepaskan steam seal pada katup
51. Lepaskan dudukan pegas
52. Lepaskan pengarah katup dengn alat SST

C. Pembersihan Mesin

Setelah komponen-komponen tersebut di lepaskan semua, bersihkan komponen-komponen tersebut dengan cara menyucinya dengan bensin dan menyemprotkannya dengan udara bertekanan tinggi melalui kompressor.

D. Pemasangan mesin kembali

1. Setelah komponen-komponen tersebut di bersihkan, maka langkah selanjutnya yaitu memasang komponen-komponen tersebut kembali.
2. Pertama, pasang kembali pengarah katup dengan alat SST
3. Pasang kembali dudukan pegas
4. Pasang steam seal pada katup
5. Selanjutnya pasang kembali katup/klep pada sisinya
6. Pasang kembali penahan pegas katup, yaitu pegas bagian dalam dan bagian luar
7. Pasang kembali kedua belahan penahan katup dari ujung tangkai katup dengan menggunakan alat khusus
8. Pasang kembali katup pegas atau klep pegas dengan cara menekan pegasnya (gunakan SST)
9. Pasang kembali ware washer pada rocker arm
10. Pasang kembali rocker arm
11. Pasang tutup cylinder head bagian kanan dan tutup-tutup katup
12. Pasang pengarah rantai dengan mengunci bautnya
13. Pasang oil seal dan bearing dengan menggunakan alat khusus
14. Pasang crankshaft
15. Pasang rangkaian transmisi
16. Pasang as garpu pemindah gigi dan cam pemindah gigi

17. Pasang as kick starter dengan cara memutarnya
18. Pasang crank cease kiri dan kanan dengan menggunakan alat khusus
19. Pasang gear penghubung starter
20. Pasang gear penggerak starter
21. Kencangkan sekrup plat starter
22.Pasang mur magnet dengan menggunakan alat khusus
23. Pasang motor starter dan cover magnet
24. Pasang bearing kopling dan other bearing
25. Pasang plat penahan cam pemindah pengarah pin
26. Pasang baut pin penahan cam pemindah
27. Pasang baut penahan cam pemindah
28. Pasang drive gear pompa oli dan washer
29. Pasang saringan oli
30. Pasang pompa oli
31. Pasang bubungan sleve kopling
32. Pasang kopling penekan dan pegas kopling
33. Pasang baut dudukan pegas dengan menggunakan alat khusus
34. Pasang mur bantalan kopling dengan menggunakan alat khusus
35. Pasang bearing kopling atau bantalan kopling
36. Pasang rangkaian kopling, sirkuit kopling dan gear primary drive
37. Pasang mur kopling dengan menggunakan alat khusus
38. Pasang spring atau pegas dan washer pada as pemindah gigi
39. Pasang tutup kopling
40. Pasang blok silinder dan kencangkan mur silinder
41. Pasang pengarah rantai dan gasket
42. Pasang mur dan baut kepala silinder
43. Pasang cam shaft As timing


44. Pasang pengatur tegangan rantai (cam chain)
45. Pasang tuas pemindah gigi
46. Pasang tuas kick starter
47. Setelah semua komponen terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang mesin pada sepeda motor.
48. Pasang baut pengikat mesin pada sepeda motor
49. Pasang selang vacuum bahan bakar
50. Pasang selang bahan bakar
51. Pasang tutup busi
52. Pasang selang udara ke mesin
53. Pasang sambungan kabel, antara lain:
- sambungan kabel magnet
- sambungan kabel indikator pemindah gigi
- sambungan gigi ke massa
54. Pasang engine sproket
55. Pasang gear depan dan plat pengunci sprocket
56. Pasang knalpot
57. Pasang kap tengah
58. Pasang leg shield yang ada di sebelah kiri dan kanan
59. masukan box batre dan pasang kembali kabel-kabelnya
60. Pasang baut pembuangan oli.















D. Komponen-komponen mesin beserta Gambar
1. Cylinder Head Cover






2. Cylinder Head










3. Cam shaft/Valve






4. Cam Chain / Tensioner








5. Cylinder Block












6. Right Crankcase Cover







7. Sentrifugal






8. Clutch / Kopling







9. Oil Pump














10. Left Crankcase Cover






11. Motor Starter








12. Crankcase









13. Crankshaft / Piston












14. Transmision







15. Gearshift







16. Kick Starter Spindle












17. Exhaust Muffler











18. Pedal / Kick Starter arm








PENUTUP

A. Kesimpulan- kesimpulan
- perhatikan lah di saat membongkar dan memesang mesin sepeda motor
- dengarkan dosen di saat menerangi
- dari smuanya itu kita dapat simpulkan bahwa keuntungan dalam membongkar dan memasang sepeda motor ialah kita dapat mengerti smuanya komponen-komponen yang ada
















KATA PENGANTAR

puji syukur kita panjatkan kepada tuhan yang maha esa karna hingga sekarang ini kita masih dapat mengerjakan tugas praktek servis sepeda motor
untuk itu saya mengucapkan banyak terimah kasih kepada dosen yaitu bapak laoly
yang telah mengajar kami dalam bidang membongkar mesin sepeda motor
dan memasang kembali dengan bantuan bapak kami sedikit banyak nya telah memahami bagaimana komponen-komponen sepeda motor dan cara merangkai mesin tersebuk sampai kembali seperti semula dari pembongkaran samapai kepada memesangnya.
Untuk itu atas perhatian dan kerja sama bapak dalam hal mengajar kami saya ucapkan banyak terimah kasih sebesar-besar nya kepada smuanya yang berwajib dan kepada bapak laoly.
Gbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar